Rabu, 16 Maret 2011

Tips Cermat Merencanakan Liburan Hemat

Dana terbatas jangan dijadikan halangan untuk melakukan perjalanan liburan. Anda hanya perlu pintar bersiasat. Kunci utama menikmati liburan hemat dan nyaman adalah perencaan cermat! Apalagi jika Anda memilih berlibur bertepatan dengan hari-hari padat seperti menjelang liburan sekolah dan long weekend. Biaya yang dikeluarkan bisa jauh lebih besar dibandingkan bila Anda sudah memesan segala sesuatu jauh-jauh hati. Pada masa liburan biasanya tarif transportasi dan akomodasi akan mengikuti tarif puncak atau peak session. Jika Anda membuat rencana liburan jauh-jauh hari, setidaknya 20% biaya sudah Anda tekan. Anda pun tidak perlu panic dan was-was memikirkan akomodasi, transportasi dan tujuan liburan karena semua sudah terencana dengan rapi. Beriku ini Tips Cermat Merencanakan Liburan dengan Hemat:
1. Belanja Info. Langkah pertama dalam membuat rencana liburan hemat adalah menetapkan kota atau Negara tujuan liburan. Inilah yang akan menentukan besar-kecilnya biaya. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang tempat wisata  di kota atau Negara tersebut. Termasuk hal yang mungkin kelihatannya sepele tapi bisa bikin pengeluaran membengkak. Misalnya, bila Anda menginap di hotel-hotel di Jepang. Tangan Anda jangan ‘gatal’ mengangkat stok sabun dan sampo yang disediakan. Pasalny, bila ketahuan, Anda akan diminta membayar barang-barang tersebut dengan harga yang cukup mahal.
2. Jasa Biro Perjalanan. Setelah menetapkan tujuan, mulailah merealisasikan rencana liburan. Bila waktu atau pengalaman terbatas, atau Anda bukan tipe backpacker, menggunakan biro perjalanan biasanya menawarkan paket yang bisa disesuaikan dengan kantong Anda. Sehingga Anda bisa terhindar dari “pengeluaran tak terduga”. Membelitiket pesawat pun bisa lebih murah lewat biro disbanding Anda pesan langsung ke perusahaan penerbangan. Soalnya, biro perjalanan wisata sudah menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan penerbangan dan hotel. Itu sebabnya, biro perjalanan bisa menyediakan paket-paket wisata luar kota atau luar negeri dengan harga murah. Dengan memanfaatkan paket tur, Anda juga akan terhindar dari pemborosan waktu dan biaya. Jika tidak tahu tempat-tempat wisata menarik yang ada di tempat tujuan, Anda mungkin akan bingung. Akhirnya boros waktu dan uang. Nah, dengan mengikuti paket tur, daerah tujuan sudh dirancang. Uang Anda pun terpakai secara optimal. Meskipun biaya dan paket wisata sudah jelas, ada baiknya Anda tetap mengantisipasi biaya tak terduga yang meungkin harus dikeluarkan. Jangan lupa persiapkan barang yang akan dibawa, setidaknya 3 hari sebelum keberangkatan. Ini untuk menghindari adanya barang yang tertinggal. Jika tidak, Anda terpaksa mengeluarkan uang untuk membeli barang tersebut di tempat tujuan berlibur.

sumber : tipsanda.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih atas kunjungan anda di blog ini | add my facebook @nurdiansyahusm